BUAH SAMOLO ATAU BUAH BISBUL

BUAH SAMOLO ATAU BUAH BISBUL

 



BISBUL (Kalimantan) disebut juga sebagai BUAH MENTEGA atau SAMOLO (Jawa Barat)  atau BUAH LEMAK (Melayu), SEMBOLO (Jawa Tengah, Jawa Timur). Di Philipina disebut sebagaI KAMAGONG, TABANG & MABOLO. Di Thailand disebut MARIT, sedangkan di dunia internasional dikenal sebagai VELVET APPLE. Nama latinnya adalah Diospyros blancoi A. DC.

Bisbul memeiliki beberapa keistimewaan, terutama buahnya. Buah berukuran besar, beraroma harum, penampilan cantik, warna buah coklat dan berubah merah-ping saat matang, rasa enak dengan tektur padat tetapi lembut, mirip mentega (karenanya disebut buah mentega), warna buah kuning, dimakan menggunakan sendok, sehingga tidak belepotan di tangan. Ukuran buah tergolong besar (sampai diametre 10-11cm), setara denga "Apel Fuji". Bobot buah bisa mencapai 350 gram.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel BUAH SAMOLO ATAU BUAH BISBUL ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 25 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan BUAH SAMOLO ATAU BUAH BISBUL
 

0 komentar:

Posting Komentar